Baca Juga
Bagaimana caranya menghabiskan uang sejutaan tanpa melakukan kesalahan, bahkan tanpa perlu melakukan apapun? Salah satu cara termudahnya, adalah beli motor yang satu ini! Bukan bayar cicilan kredit lho ya, tapi Sobat bakal kehilangan sejuta perbulan dengan cara yang nggak terpikirkan sebelumnya.
Yes, ini adalah Kawasaki Z250SL. Salah satu motor 250cc produksi masal dengan dimensi termungil di dunia, juga salah satu motor 250cc secondhand (bekas) termurah dan paling valuable di Indonesia. Dan sepanjang pengalaman saya mengendarai motor ini selama hampir 2 tahun, cuma 2 hal tadi yang jadi keunggulan naked-bike 250cc ini.
Sebenarnya, Kawasaki Z250SL ini juga motor pribadi saya. Tapi, saya membelinya awal tahun lalu dalam kondisi secondhand - dengan banderol yang bahkan lebih murah dari motor sport 150cc! Karena saya sarankan JANGAN membelinya dalam kondisi baru. Kenapa?
Saat ini, Kawasaki Z250SL standar dibanderol Rp. 42,1 jutaan, sementara Z250SL ABS dibanderol Rp. 48,2 jutaan (OTR Jakarta). Jika Sobat membelinya dalam kondisi baru, dan terpaksa menjualnya setahun kemudian (karena ada kepentingan mendadak)... Tebak berapa harga pasaran secondhand (bekas) nya saat ini? Yup, bukan 35 juta, bahkan nggak sampai 30 jutaan - tapi cuma Rp. 25-28 jutaan saja!
Secara perhitungan matematika sederhana, Sobat bakal kehilangan Rp. 12-15 jutaan dalam waktu 1 tahun. Itu artinya, kehilangan Rp. 1,25 juta perbulan - atau sekitar Rp. 42 ribu perhari - atau sama seperti membuang 21 bungkus mie instan sehari!
Dan yang perlu digaris bawahi, matematika diatas hanya berlaku apabila motornya jarang dipakai. Bagaimana kalau sering dipakai buat sehari-hari, Kang Eno? Nah, itu tandanya harus kehilangan Rp. 150.000 tambahan untuk beli plastik mika headlamp yang gampang retak, Rp. 350.000 untuk mengganti kipas radiator yang gampang mati, serta Rp. 700.000 untuk mereparasi kampas kopling jika odometernya mencapai angka lebih dari 10.000 kilometer.
Itu belum ditambah ongkos pijat mingguan, karena Kawasaki Z250SL (apalagi Ninja 250SL) punya ergonomi dan riding quality terlalu nungging, yang gampang bikin tangan keram, plus punggung pegal-pegal. Tau dari mana, Kang Eno? Saya sudah merasakannya sendiri kok, selama 2 tahun belakangan...!
So, jika berminat Kawasaki Z250SL karena tampilannya yang mungil dan mesin 250cc-nya... Saran saya, Sobat harus beli dalam kondisi secondhand (bekas)!
Yes, ini adalah Kawasaki Z250SL. Salah satu motor 250cc produksi masal dengan dimensi termungil di dunia, juga salah satu motor 250cc secondhand (bekas) termurah dan paling valuable di Indonesia. Dan sepanjang pengalaman saya mengendarai motor ini selama hampir 2 tahun, cuma 2 hal tadi yang jadi keunggulan naked-bike 250cc ini.
Sebenarnya, Kawasaki Z250SL ini juga motor pribadi saya. Tapi, saya membelinya awal tahun lalu dalam kondisi secondhand - dengan banderol yang bahkan lebih murah dari motor sport 150cc! Karena saya sarankan JANGAN membelinya dalam kondisi baru. Kenapa?
Saat ini, Kawasaki Z250SL standar dibanderol Rp. 42,1 jutaan, sementara Z250SL ABS dibanderol Rp. 48,2 jutaan (OTR Jakarta). Jika Sobat membelinya dalam kondisi baru, dan terpaksa menjualnya setahun kemudian (karena ada kepentingan mendadak)... Tebak berapa harga pasaran secondhand (bekas) nya saat ini? Yup, bukan 35 juta, bahkan nggak sampai 30 jutaan - tapi cuma Rp. 25-28 jutaan saja!
Secara perhitungan matematika sederhana, Sobat bakal kehilangan Rp. 12-15 jutaan dalam waktu 1 tahun. Itu artinya, kehilangan Rp. 1,25 juta perbulan - atau sekitar Rp. 42 ribu perhari - atau sama seperti membuang 21 bungkus mie instan sehari!
Dan yang perlu digaris bawahi, matematika diatas hanya berlaku apabila motornya jarang dipakai. Bagaimana kalau sering dipakai buat sehari-hari, Kang Eno? Nah, itu tandanya harus kehilangan Rp. 150.000 tambahan untuk beli plastik mika headlamp yang gampang retak, Rp. 350.000 untuk mengganti kipas radiator yang gampang mati, serta Rp. 700.000 untuk mereparasi kampas kopling jika odometernya mencapai angka lebih dari 10.000 kilometer.
Itu belum ditambah ongkos pijat mingguan, karena Kawasaki Z250SL (apalagi Ninja 250SL) punya ergonomi dan riding quality terlalu nungging, yang gampang bikin tangan keram, plus punggung pegal-pegal. Tau dari mana, Kang Eno? Saya sudah merasakannya sendiri kok, selama 2 tahun belakangan...!
So, jika berminat Kawasaki Z250SL karena tampilannya yang mungil dan mesin 250cc-nya... Saran saya, Sobat harus beli dalam kondisi secondhand (bekas)!
Beli Motor Ini, Sobat Bakal Kehilangan Sejuta Perbulan!
4/
5
Oleh
Degree Online