Sabtu, 07 Mei 2016

Fitur Fitur pada Setir mobil Formula One (F1)

Fitur Fitur pada Setir mobil Formula One (F1)

Baca Juga

Siapa yang tidak tahu pertandingan balap mobil F1 ? ajang balap mobil jet darat paling terkenal dan paling dimintai didunia ini sedang digemari orang masyarakat diseluruh dunia tak terkecuali di Indonesia. Kehadiran Rio Haryanto yang mewakili Indonesia di Formula One pun menambah minat masayrakat Indonesia untuk menyaksikan F1. Tidak sembarang orang dapat mengendalikan mobil F1. selain karena kecepatan mobil yang super cepat, Pembalap F1 pun dituntut untuk dapat mengenal dan mengerti dengan baik mobilnya. tidak seperti setir mobil biasanya, setir mobil F1 memiliki kesulitan dan keunikan sendiri. Beda mobil beda juga setirnya tetapi pada umumnya setir mobil F1 memiliki 20 fitur ini. Berikut Fitur Fitur setir mobil F1 :


1. Boost

Menggunakan teknologi KERS ( Kinetic Energy Recovery System). cara kerjanya ketika tombol Boost ditekan maka energi pengereman akan disimpan dan akan memberikan tenaga pada mobil. tombol ini digunakan pada untuk menyalip/membelap rival didepannya.

2. LAP

Untuk menunjukan Lap yang telah diewati oleh mobil pembalap.

3. Harvest

Pembalap harus menyesuaikan energi pengereman mobilnya agar mendapat pengereman yang optimal dan seefisen mungkin. energi pengereman dapat diatur pada fitur ini.

4. Downshift Paddle

Berfungsi untuk menurunkan gigi mobil.

5. MIX

Untuk menyesuaikan konsumsi bahan bakar. pembalap juga harus memperhitungkan penggunaan bahan bakarnya agar dapat digunakan seoptimal mungkin. selain mempengaruhi konsumsi bahan bakar, fitur ini mempengaruhi performa mobil.

6. Bite Point

Digunakan pada saat diam dalam posisi start. pada saat keadaan diam pembalap akan melakukan pengaturan Bite Point, pengaturan yang tepat dapat memberikan kecepatan yang baik saat meluncur.

7. Bite Point Find

Tim akan memberikan instruksi bite point yang tepat kepada pembalap agar dapat mendapat kecepatan yang optimal dan hal itu dilakukan lewat Fitur ini.

8. Knop Kopling

Fungsinya sama seperti kopling, hanya saja ini tidak di injak melainkan hanya dengan menyentuhkan jarinya ke fitur ini.

9. Break Balance

Agar pembalap dapat mengetahui keseimbangan rem depan dan rem belakang pada mobilnya sehingga mengereman dapat melekukan pengereman yang pas.

10. Reserve Gear

Sudah pasti fitur ini berguna untuk megubah ke gigi mundur

11. Shift Lights

Indikator yang membantu Pembalap untuk mendapat Pergantian gigi yang tepat (Perfect Shift)

12. Limiter

Digunakan untuk membatasi kecepatan mobil secara otomatis (sekitar 60 kmh). Fitur ini digunakan saat akan memasuki Pit Stop.

13. Engine Parameter

Menjadi indikator Parameter Mesin.

14. Upshift Paddle

Berfungsi untuk menurunkan gigi mobil.

15. Torque

Untuk mengatur putaran mesin mobil sehingga mobil dan pembalap dapat menyesuaikan diri dengan keadaan dan sirkuit. Beda Sirkuit beda juga pengaturan Torque/Torsi mesinnya nya.

16. Tyre

Untuk menggunakan fitur ini pembalap harus memiliki strategi pengaturan ban yang tepat sehingga kecepatan puaran ban dapat disesuaikan.

17. Radio Led

Untuk mendapatkan pengarahan dari Pit.

18. Front Wing Switch

Untuk Menyesuaikan sudut bumper depan mobil F1 sehingga Downforce meningkat.

19. Neutral

Untuk Mengembalikan mobil keposisi netral

20. Differential

Memiliki 12 pengaturan berbeda yang harus digunakan pembalap saat memsuki tikungan hingga keluar dari tikungan.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur setir mobil F1 seperti tombol untuk mengeluarkan minum, untuk mengonfirmasi arahan dari pit dll. Tetapi 20 fitur diatas adalah fitur yang wajib digunakan saat balapan F1.

Related Posts

Fitur Fitur pada Setir mobil Formula One (F1)
4/ 5
Oleh